Trisula Sinergi Indonesia | Training, Consulting, Digitalization

Lean Manufacturing

Banyak perusahaan saat ini menerapkan Lean sebagai suatu metode untuk melakukan proses kerja secara efektif dan efisien. Lean pada dasarnya tidak hanya bisa diterapkan di dunia manufaktur saja (Lean Manufacturing) tetapi bisa juga diterapkan di bidang jasa (Lean Service). Berbicara tentang Lean akan mengajak kita untuk melihat sebuah cara berpikir, filosofi, metode dan strategi manajemen untuk meningkatkan efisiensi di area kerja kita. Metode Lean ini, atau Lean Manufacturing ini diadaptasi dari Toyota Production System (TPS). Tujuan utama lean manufacturing adalah memaksimalkan nilai (value) bagi pelanggan dan meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan menghilangkan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah (non value added).

Dalam setiap proses kerja, tanpa kita sadari banyak sekali pekerjaan yang sebenarnya tidak memberikan nilai tambah, dan sering disebut sebagai Waste (dalam bahasa Jepang : Muda). Pada awalnya ada 7 macam Waste yang harus kita eliminasi dalam setiap proses kerja, tetapi kemudian hari ada penambahan 1 kategori dari Waste.

Kategori 8 Waste sering disingkat dengan TIM-U-WOOD atau DOWNTIME, yaitu :

1. Transportation / pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

2. Inventory / kelebihan persediaan bahan baku, misalnya : stock raw material, produk setengah jadi, barang jadi, dsb. 

3. Motion / gerakan, misalnya : gerakan berlebihan atau ergonomi kerja yang buruk 

4. Waiting / menunggu, misalnya : menunggu proses sebelumnya, menunggu karena terjadi shortage, adanya kerusakan mesin, dsb. 

5. Over Production / melakukan produksi secara berlebihan dari perencanaan

6. Over Process / proses berlebih, misanya : melakukan pekerjaan yang sama/berulang

7. Defect / Rework / Repair / produk cacat 

8. Underutlized People / tidak memanfaatkan kemampuan karyawan, misalnya : penempatan orang yang tidak tepat, operator yang belum di training, dsb.


Metode pengurangan Waste bisa kita lakukan diantaranya dengan cara :

1. Eliminasi Muda-Mura-Muri 

2. Pelaksanaan 5R dan standarisasi proses kerja 

3. Penerapan Kanban  untuk sistem produksi Just In Time, 

4. Penerapan FIFO 

5. Mengurangi waktu setup

6. Mengurangi downtime melalui aktivitas Total Preventive Maintenance 

7. Balancing / penyeimbangan proses

8. Perbaikan layout posisi kerja, layout barang, maupun layout mesin / peralatan 

9. Pencegahan defect 

10. Perbaikan variasi produk


Keuntungan penerapan Lean yang bisa kita dapatkan diantaranya :

1. Meningkatkan kemapuan / skill orang 

2. Meningkatkan kemampuan prosess 

3. Mengurangi pemborosan / waste 

4. Meminimalkan variasi atau perbedaan kualitas 

5. Mengelola ketidaknormalan prosess, khususnya pada mesin atau peralatan 

6. Memaksimalkan proses transportasi 

7. Memaksimalkan penggunaan mesin, peralatan/equipment

8. Memaksimalkan penggunaan tenaga kerja 

9. Efisiensi area kerja 

10. Mengurangi defect/scrap produksi

Walaupun terinspirasi dari industri manufaktur, konsep Lean ternyata dapat diterapkan dalam bidang-bidang berbasis jasa pelayanan/service. Lean dalam bidang pelayanan menyandang prinsip yang sama, yaitu “perbaikan berkesinambungan (continuous improvement” dan “menghilangan aktivitas non-value-add atau waste”. Namun ada sedikit perbedaan bahwa prinsip ini diterapkan dalam bisnis jasa layanan seperti fasilitas kesehatan (rumah sakit, apotik, dsb.), call center, software development, transportasi, serta berbagai jasa profesional lainnya.

Secara konsep, implementasi Lean di industri jasa hampir sama dengan penerapan Lean Enterprise pada industri manufaktur, dan seringkali menggunakan teknik dan alat bantu yang sama. Karena itu, dalam bisnis layanan jasa juga terdapat beberapa bentuk pemborosan seperti halnya dalam industri manufaktur, yang dapat menghambat operasional dan merugikan perusahaan. Seperti contoh misalnya, menurunnya tingkat loyalitas karyawan, hilangnya kepercayaan pelanggan, berkurangnya profit, tingginya claim dari customer, yang semua itu akan mempengaruhi image perusahaan di mata umum secara langsung.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan dan berminat dalam penerapan Lean Manufacturing maupun Lean Service di area kerja, Silahkan menghubungi kami untuk berdiskusi dan konsultasi.
Link : -
Location : All Area (Manufacturing & Service)
Price : Please Contact Us