Trisula Sinergi Indonesia | Training, Consulting, Digitalization

Pentingnya Kesadaran akan Keselamatan Kerja dan Alat Pelindung Diri di Area Pabrik Industri

Posted : 16 October 2021 | by Admin | Category : Fundamental

63 views

Pentingnya Kesadaran akan Keselamatan Kerja dan Alat Pelindung Diri di Area Pabrik Industri

Sebelum membaca artikel ini, apakah Anda sudah punya Self Safety Declaration.

My Safety Declaration saya adalah selalu menggunakan alat pelindung diri saat bekerja di pabrik. Ya, Safety Declaration sangatlah penting sebagai komitmen dalam meningkatkan kesadaran kita terutama bagi kita yang bekerja di area yang beresiko terjadinya kecelakaan kerja.

Pengertian Safety

Arti Safety secara singkat adalah Aman. Namun secara penjelasan detailnya adalah Suatu keadaaan / kondisi dimana atau kapan munculnya sumber bahaya telah dapat diketahui & dikendalikan ketingkat yg lebih memadai/aman.

Hal-hal yang terkait dengan Safety adalah :

1. Hazard : Sumber Bahaya - Sesuatu yang berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja & penyakit akibat pekerjaan.

2. Danger : Bahaya - Bentuk atau tipe luka sebagai akibat yang disebabkan oleh sumber bahaya.

3. Risk : Resiko - Suatu kemungkinan yang tidak diharapkan terjadi.

Kecelakan bisa terjadi karena disebabkan dari Unsafe Action (perilaku yang tidak aman) dan Unsafe Condition (kondisi yang tidak aman).

5 Cara pengendalian terhadap potensi bahaya : 

1. ELIMINASI : Menghilangkan sumber bahaya atau Proses kerja berbahaya.

2. SUBTITUSI : Mengganti sumber bahaya dengan sumber daya yang lebih aman.

3. MODIFIKASI : Mengisolasi sumber bahaya, menghilangkan kontak langsung dengan sumber bahaya.

4. ADMINISTRASI : Pengendalian dengan menetapkan aturan dan standard kerja (SOP).

5. APD : Memberikan Alat Pelindung Diri kepada pekerja untuk mengurangi resiko

Untuk mencapai safety dalam melakukan suatu perbuatan, aktifitas atau pekerjaan maka setiap orang selalu menjaga dirinya dari kecelakaan atau potensi bahaya dengan menggunakan atau memakai Alat Pelindung Diri (APD). Berikut ienis - jenis alat pelindung diri yang umum di gunakan oleh pekerja di pabrik industri adalah sebagai berikut :

1. Sepatu : Berfungsi sebagai pelindung kaki bagian bawah,Biasanya sepatu ini di lengkapi dengan besi bagian ujung sepatu dengan tujuan mengamankan jari - jari kaki pada saat ada potensi bahaya tertimpa benda berat,melindungi dari potensi bahaya terjepit benda,melindungi dari potensi bahaya tersandung benda, dll.

2. Helm : Berfungsi sebagai pelindung kepala untuk melindungi kepala dari potensi bahaya terjatuh benda - benda ,melindungi dari potensi bahaya terbentur ,melindungi dari potensi bahaya terantuk benda keras, dll.

3. Sarung tangan : Berfungsi sebagai pelindung tangan untuk melindungi tangan dan jari - jari tangan dari potensi tangan terjepit,melindungi dari panas,melindungi dari potensi tangan lecet,melindungi dari potensi bahaya terpukul, dll.

4. Seragam kerja : Berfungsi sebagai pelindung badan, untuk melindungi anggota badan dari potensi bahaya debu,melindungi dari potensi bahaya panas dan dingin,Melindungi dari potensi bahaya kotoran baik kotoran cair,padat maupun powder,Melindungi dari potensi bahaya iritasi, dll.

5. Masker : Berfungsi sebagai pelindung saluran pernafasan ,Untuk melindungi alat organ pernafasan dari masuknya debu dan bau tajam dari bahan - bahan material produksi dari area kerja melalui hidung atau saluran pernafasan.

Walaupun kita sudah menggunakan atau memakai alat safety bukan berarti kita terjamin terhindar dari yang namanya  kecelakaan kerja, karena saat kita melakukan aktifitas atau pekerjaan yang beresiko selalu ada potensi bahaya di sekitar kita yang bisa menyebabkan atau mengundang terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja. Fungsi dari APD hanya mengurangi resiko akibat kecelakan kerja bukan menghilangkan potensi bahaya.

Contoh mudah factor penyebab kecelakan adalah saat kita mengendarai Motor. 

Jika kita berkendara dengan kecepatan lebih dari 100km/jam, pastinya hal tersebut berpotensi menyebabkan kecelakaan karena kita tidak bisa mengontrol motor kita. Itulah yang dinamakan Unsafe Action.

Namun Ketika kita berkendara dengan kecepatan 40km/jam dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan kita melewati jalan yang belum pernah dilewati sebelumnya, dan kita mengalami kecelakaan jatuh karena ada lubang besar di jalan yang belum diperbaiki. Itulah yang dinamakan Unsafe Condition.


Comments :